Minggu, 17 Juni 2012

Raditya

Blog ini dibuat utk mengabadikan kenanganku ttg anak keduaku yg telah berpulang ke rahmatulloh di usianya yg ke 4.
Pada awal - awal penulisan akan menceritakan perjalanan hidup beliau, perjuangan dan kesabarannya dalam melawan kanker ginjal yg dideritanya selama 1 tahun, hingga akhirnya Allah memanggilnya.
Radit memiliki nama lengkap Iftikhar Raditya Arkan, ide nama itu dari istriku, Iftikhar artinya kebanggaan, sedangkan Arkan artinya mulia. Dengan harapan beliau akan menjadi manusia yang memiliki akhlak yang mulia yang menjadi kebanggan orang tua berguna bagi agamanya, bangsa dan sesamanya. Pastinya itu harapan semua orang tua terhadap anaknya.
Raditya lahir pada tanggal 5 Mei 2006 melalui operasi caesar, sedangkan kakaknya, M.Reiki Redian yg usianya terpaut 2 tahun dilahirkan secara normal. Tindakan itu dilakukan karena detak janin sesaat sebelum proses kelahiran lemah, sehingga dokter menganjurkan utk dioperasi.
Aku teringat bahwa ketika dua anakku dilahirkan kedunia, aku selalu meneteskan air mata ketika melafadzkan adzan dan iqomah di telinga kanan dan kiri mereka, karena rasa syukur yg amat sangat. Tapi sekarang aku teringat bahwa ketika Raditya dilahirkan air mataku menetes lebih banyak. Pada saat itu aku nggak tahu kenapa, tapi sekarang aku mulai mengerti. Mungkin itu firasat bahwa aku hanya dititipkan Raditya sebentar.
De' Radit tumbuh menjadi anak yang sangat lucu, hari demi hari kuperhatikan perkembangannya. Hingga umur 2 tahun De' Radit adalah anak yg pendiam, sering asik bermain sendiri tanpa bersuara. Tapi menjelang usia 3 tahun De' Radit mulai fasih bicara dan mulai cerewet. Aku senang sekali mendengar anak kecil yang cerewet, seperti kedua anakku. Rupanya De' Radit mulai mengikuti Kakaknya yang cerewet.
Hingga suatu hari di bulan September 2009, lupa tanggalnya, pokoke bbrp hari stlh Idul Fitri, pada saat itu kami berencana untuk berenang. Tapi tiba - tiba ade ngomong ," pa perut ade sakit tapi sampai ke pinggang".
Karena ngomong "sampai kepinggang",  aku langsung pegang perutnya yang ternyata agak keras, lalu aku rogoh agak ke dalam terasa ada benjolan didalam perut ke arah pinggang.
Akhirnya kami membatalkan rencana untuk berenang. Kami langsung membawa Ade ke rumah sakit untuk diperiksa.
Setelah dilakukan USG, CT Scan perut, khirnya diketahui bahwa ade menderita kanker ginjal, atau yang disebut dengan Tumor Wilms pada ginjal kirinya. Dan ginjal kirinya harus segera diangkat.
Ketika itu aku menjadi sangat panik , dan saat itu aku hanya mengikuti saran dokter yang menanganinya tanpa mencoba mencari lain untuk mengobati ade. Sama sekali ga terpikir untuk mengobatinya dengan obat herbal. Yang ada dibenakku adalah bagaimana menyembuhkan ade secepatnya.
Akhirnya ade dioperasi tanggal 5 Oktober 2009, ginjal kirinya berhasil diangkat. Setelah itu ade harus menjalani kemoterapi sebanyak 7 seri. Kemoterapi bertujuan untuk membersihkan sel - sel kanker yang mungkin tersebar di dalam tubuhnya. Sebuah perjuangan yang amat menyakitkan bagi ade.
Karena tiap kali dikemo fisiknya pasti jatuh, badannya seperti terbakar, muntah - muntah, rambutnya rontok. Pokoknya cobaan yang luar biasa bagi dirinya.
Tapi ade tetap sabar, walaupun sebagai anak kecil dia jg beberapa kali menolak untuk dikemo, ia tetap menjalaninya, karena keinginan untuk sembuh yang sangat besar.
Di tengah - tengah kesakitan ia kerap berdoa, " Ya Alloh sembuhkan ade," .
Tapi Alloh mempunyai kehendak lain, setelah menjalani seri ke 5 kemonya, ternyata kankernya sudah  menyebar di rongga perutnya. Dan Alloh memanggilnya pada tanggal 5 September 2010 setelah  sempat mengucapkan " I Love You", kepada ku.
Aku merasa sgt hancur ketika itu, dunia ku telah runtuh, dan hingga sekarang luka di hatiku belum jg sembuh.


senyum ade yang selalu ku rindu 


                                             ultah ade yg ke 3 dan kakak yang ke 5


Ternyata aku ga sanggup menceritakan secara detil tentang ade.
Just,... selamat jalan ade,..
Kamu akan selalu ada dihati kami..
Insya Alloh kita akan berkumpul kembali...
Di tempat yang kekal...
Tempat yang sangat indah..
Dimana tidak ada kesakitan dan air mata....
Dan untuk sobat yang menderita karena penyakit kanker,.. bersabarlah, terus berusaha mencari kesembuhan, coba ikhtiar dengan obat herbal jg, gunakan XAMthone plus yang berupa jus manggis dan berdoa,.. semoga Alloh memberikan yang terbaik untuk kita semua...amiin

                               makam ade yang disatukan dengan makam kakungnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar